Selasa, 04 Januari 2011

Ustadz Ali Musri

Biografi Ustadz Ali Musri
Nama lengkap beliau adalah Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Beliau lahir di Sumatera Barat, 9 Januari 1972. Saat ini, beliau menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i, Jember, (STDIIS – Jember) dengan alamat Jl. MH. Tamrin, Gg. Kepodang No.5 Jember – Jawa Timur.
Riwayat Pendidikan
Beliau menamatkan Program Bahasa (Syu’batul Lughah) di Universitas Islam Madinah, KSA pada tahun 1995. Setelah itu, beliau melanjutkan kuliah (S-1) di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Universitas Islam Madinah dan tamat tahun 1999 dengan predikat Cumlaude. Kemudian, beliau melanjutkan kuliah (S-2) di universitas yang sama pada Jurusan Aqidah, Fakultas Dakwah dan Usuluddin dan tamat tahun 2003 dengan predikat Cumlaude. Selanjutkan, beliau meneruskan kuliah (S-3) pada Jurusan Aqidah, Fakultas Dakwah dan Usuluddin (Universitas Islam Madinah) dan lulus 2007 dengan predikat Summa Cumlaude.
Aktivitas Ustadz Ali Musri

Saat ini, beliau menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i, Jember, Jawa Timur. Beliaupun menjadi pengasuh dalam acara Diaparis (Dialog Pakar Islam) di Radio Prosalina, Jember. Selain aktif mengajar dan berdakwah, beliau juga aktif menulis makalah ilmiah pada beberapa majalah Islam, di antaranya sebagai pengasuh Rubrik Aqidah Majalah Islam “Al Furqon” dan “As-Sunnah”. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Dar El Iman, Padang dan Anggota Pembina Yayasan Ar Raudhoh, Jogjakarta.
Karya Ilmiah Ustadz Ali Musri

Beliau memiliki banyak karya ilmiah, di antaranya:

a. Penelitian Manuskrip
  • · Tahqiq kitab ” النهي عن الرقص والسماع karangan Abul Qisim Addasyty (tesis S-2 beliau) dan telah dicetak oleh Wakaf Salam Riyadh, Arab Saudi.
  • · Tahqiq kitab ” مالس البرار ومسالك الخيار ” karangan Al Fadhil Ar-Ruumy (desertasi S-3 beliau).
.b. Terjemahan
  • · Berlemah Lembut sesama Ahlus Sunnah (Penerbit Darul Falah April 2004)
  • · Petaka Bid’ah (Penerbit Darul Falah April 2004).
  • · Kedahsyatan Ayat Kursi (Penerbit Pustaka Darul Ilmi Agustus 2008).
  • · Lembutnya Dakwah Ahlussunnah (Penerbit Pustaka Darul Ilmi Mei 2008)
c. Tulisan:
  • · شرح موجز لساء السن وششيء من آثارها التعبدية
  • · Berbagai topik aqidah dalam Majalah As-Sunnah dan Majalah Al-Furqon.
Seminar yang Pernah Diikuti
Beliau pernah mengikuti beberapa seminar ilmiah, baik yang diselenggarakan di tanah air, maupun yang diselenggarakan di luar negeri. Di antara seminar yang beliau ikuti antara lain:

1. Peserta dalam seminar “Penerapan Syari’at Islam di Indonesia” tanggal 25 Januari 2001 di Madinah, Arab Saudi.
2. Peserta dalam seminar “Evaluasi dan Optimalisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Perspektif Syari’ah, Ekonomi Dan Prolematika” tanggal 31 Oktober 2002 di KJRI Jeddah, Arab Saudi.
3. Peserta dalam seminar “Mencermati Isu Terorisme dengan Prespektif Islam Melalui Tinjauan Doktrin, Sejarah dan Peran Musuh, Serta Upaya Memberikan Solusi yang Islami Dalam Menuntaskannya” tahun 2003 di Madinah, Arab Saudi.
4. Pemakalah dalam seminar “Pendidikan Agama Di Sekolah Umum” tanggal 2 Desember 2004 di Riyadh, Arab Saudi.
5. Peserta dalam seminar dan lokakarya “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA di Indonesia” tanggal 12 Mei 2005 di KBRI Riyadh, Arab saudi.
6. Pemakalah dalam Seminar Nasional “Mukjizat Ilmiah Al Qur’an dan Sunnah” tanggal 22 Maret 2009 di Universitas Brawijaya Malang.
7. Pemakalah dalam seminar internasional dengan tema “Nabi Rahmat, Muhammad -Shallallahu ‘alaihi wa Sallam– ” yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud Riyadh, Kerajaan Arab Saudi dan dibuka oleh Raja Abdullah bin Abdul Aziz Alu Su’ud pada 23 Syawwal 1431 (2 Oktober 2010). Dalam seminar ini, beliau bergabung dengan para ulama dari berbagai negara dan menjadi satu-satunya undangan dan pemakalah dari Indonesia. Beliau menyampaikan makalah berjudul “تقويم المفاهيم الخاطئة عند الغلاة والجفاة في الدفاع عن النبي صلى الله عليه وسلم” (Meluruskan Pemahaman yang Salah pada para Pengkultus dan Pembenci; Dalam Membela Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa Sallam-) pada sesi kedua belas dengan moderator Syaikh Dr. Su’ud bin Ibrahim asy-Syuraim (Imam dan Khatib Masjidil Haram Makkah).
Prestasi yang Pernah Dicapai
Di antara prestasi yang pernah dicapai oleh beliau adalah:

1. Menyelesaikan S-1 (8 semester) dengan predikat mumtaz (cumlaude).
2. Menyelesaikan S-2 (sebelum batas waktu) dengan predikat mumtaz (cumlaude) .
3. Menyelesaikan S-3 (sebelum batas waktu) dengan predikat mumtaz ma’a martabah syaraf ula (summa cum laude).
4. Terpilih sebagai mahasiswa teladan tahun 1999 di Universitas Islam Madinah.
5. Terpilih sebagai peraih Nobel kota Madinah tahun 2009 keunggulan dalam bidang prestasi keilmiahan.

http://dzikra.com/profil-ustadz-ali-musri/

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini